Berbagai Manfa’at Dari Madu Fermentasi

Madu fermentasi merupakan salah satu bahan dari BIO VIT PLUS. Khasiat dari madu fermentasi ini antara lain adalah : mengurangi lemak tubuh, melangsingkan dan berfungsi sebagai detoksifikasi. Merawat kulit dan memperlambat prosespenuaan kulit. Memperbaiki pencernaan dan system sirkulasi darah. Meningkatkan system kekebalam tubuh dan sebagai antibiotic. Mengobati asam urat.


Selain itu madu fermentasi juga memiliki fungsi lainnya, yaitu: membentu dalam proses pengolahan dan penguraian makanan dalam tubuh yang mencegah pertumbuhan bakteri. Membantu mengatasi infeksi pernafasan, sakit tenggorokan, membantu membersihkan dan memperlancar aliran darah. Serta bisa juga untuk mengobati beragam kanker, diabetes mellitus, demam berdarah, dan berbagai penyakit lainnya.


Karena manfa’at madu yang banyak sekali maka tak jarang ada oknum yang ingin mengambil untung dengan memalsukan madu, dan berikut ini adalah beberapa cirri dari madu palsu.



1. Pemalsuan Jumlah


Pemalsuan ini pada intinya adlah meningkatkan jumlah “madu asli” dengan ditambah “madu palsu” atau bahan lain, seperti fruktosa sintetis, glukosa sintetis, sirup dll. Misal bagian dari madu asli adalan 20% lalu ditambah dengan gula sintetis 80%, maka jadilah madu palsu.


2. Pemalsuan Mutu


Kadar air mempunyai hubungan yang signifikan dengan mutu madu, dimana semakin rendah kadar air pada madu, maka akan semakin baik mutunya. Demikian pula sebaiknya. Pemalsu madu mempunyai madu dengan kadar air sangat tinggi. Kemudian kadar air diturunkan dengan pemanasan suhu tinggi. Dengan pemanasan, madu akan jadi lebih kental. Tapi dengan pemanasan itu justru akan merusak madu itu sendiri, bahkan madu bisa juga mengakibatkan madu mengandung racun karena selama proses pemanasan, madu bereaksi dengan panci / logam.


3. Pemalsuan Menyeluruh


Madu jenis ini merupakan madu buatan / 100% palsu. Sehingga komposisi kimia yang terkandung dudalamnya merupakan konposisi yang “diada – adakan”


Setelah mengetahui ciri madu palsu, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cirri madu asli tapi rusak.



madu tersebut telah mengalami perubahan menjadi alcohol (etanol) yang ditandai dengan adanya suara berdesis jika tutup botol dibuka (mengandung gas), kemasan mengembung, madu berbusa banyak. Apabila madu telah rusak parah, madu tersebut akan meleleh keluar sendiri ketika tutup botol dibuka atau bahkan bisa meletus sendiri karena tekanan gas.


Semoga artikel ini bermanfa’at untuk kita semua.
0 Komentar untuk "Berbagai Manfa’at Dari Madu Fermentasi"

Back To Top